Rabu, 20 Maret 2013

MEMBANGKITKAN PERHATIAN DAN MOTIVASI BELAJAR

Pesetra didik merupakan komponen utama dari sistem pendidikan karena merupakan masukan (raw input) yang mengalami proses pembelajaran. sebagai masukan,dalam proses pendidikan selalu dihadapkan kepada keunikan yang dimiliki siswa yang menisyaratkan adanya perbedaan individu baik dari segi kemampuan ,motivasi dan kecakapan belajar.perbedaan itu merupakan peringatan dini agar guru tidak lagi menganggap siswa sebagia objek ,melainkan sebagai pembelajaran.proses interaksi harus dilaksanakan dua arah,dimana peran pendidik berubah sebagai mitra pengajar bersama - sama dengan peserta didiknya mencapai tujuan pendidikan. guru harus  mengupayakan berbagai cara agar peserta didik tampil sebagai sosok utuh dan bersikap aktif dalam menjalani proses pembelajaran.
sebelum guru mengembangkan daya kreatif terkait dengan pembelajaran,perlu diperhatikan prinsip belajar yang berasal dari diri peserta didiknya. ada makna peserta didik yang perlu diperhatikan oleh guru,yakni :
membangkitkan perhatian dan mitivasi belajar,mengembangkan keaktifan belajar,eterlibatan langsug siswa, pengulangan,tantangan balikkan dan penguatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar