Loading...

Rabu, 20 Maret 2013

hubungan antara pendidikan agama islam dengan ilmu pengetahuan dan teknologi

Di dalam surah al baqoroh ayat 201 di jelaskan yang artinya "ya allah,ya tuhan kami,berilah kami kebahagiaan hidup di dunia dan kebahagiaan hidup di akherat dan hindarkanlah kami dari siksa neraka..nah dalam kandungan ayat ini menjelaaskan bagaimana agar kita dapat menghayati sekaligus mengaplikasikan ayat tersebut dalam kehidupan sehari-haridengan benar.tidak sedikit orang muslim yang hidupnya pas-pasan atau berada di garis kemiskinan,padahal dia rajin beribaah,sebaliknya bahkan ada orang yang hidupnya serba cukup atau bahkan tergolong mewah,tetap ia cenderung melanggar ketentuan agama,padahal do'a senantiasa di panjatkan ke hadirat illahi adalah ingin hidup bahagia dunia akheratdan terhindar dr siksa neraka,maka kondisi seperti ini sebenarnya dapat di antisipasi dengan cara menanamkan dan mensosialisasikan hadis yang artinya "siapa yang ingin hiduphidup di dunia dengan baik(sejahtera)hendaknya ia berilmu,dan siapa yang ingin meraih kebahagiaan di akherat hendaklah ia berilmu,dan siapa yang ingin meraih keduanya (dunia dan akherat)juga dengan ilmu" (HR,Imam Ahmad).....
Hadis tersebut mengisyaratkan kepada kita bahwa kedudukan ilmu pengetahuan begitu tinggi dalam kehidupan umat islam.Hal ini menjelaskan sebagai muslim kita harus memiliki iman dan taqwa(imtaq) yang luas sekaligus ilmu pengetahuan dan teknologi yang luas.dalam kaitan ini Allah swt menyatakan dalam al -qur'an surah  Al-mujadalah ayat ke 11 yang artinya : Allah aka mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu pengetahuan diantara kamu beberapa derajat"...berdasarkan ayat tersebut dapat di gambarkan dengan jelas bahwa berilman  dan berilmu pengetahuan merupakan syarat mutlak untuk menggapai kebahagiaan dunia  dan akherat.
PENDIDKAN AGAMA ISLAM DENGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
Pendidkan agama islam untuk tingakat akademik selalu di cantumkan tujuan pendidikan agama islam ,yaitu meningkatkan keimanan,pemahaman,penghayatan dan pengalaman siswa tentang islam,sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi bermasyarakat,berbangsa dan bernegara. untuk menanamkan keimanan meliputi keselarasandan kesinambungan antara makhluk dengan sang pencipta,manusia dengan sesama manusia dengan dirinya sendiri dan dengan lingkungannya.untuk mencapai hal itu maka ,maka materi pendidikan agama islam di kelompokkan dalam 7 unsurpokok,yaitu keimanan,ibadah,al-qur'an,akhlak,syariah,muamalah dan tarikh.materi tersebut dikembangkan dalam proses belajar mengajar yang menitik beratkan pada pengembangan tiga aspek yaitu aspek kognitif,afektif dan psikomotor.ilmu pengetahuan dan teknologi dapat kita lihat rumusan yang di kemukakan oleh prof.DR. A Baikuni "ilmu pengetahuan atau sainsadalah himpunan pengetahuan manusia yang di kumpulkan melalui proses pengkajian dan dapat di terima rasio,dengan kata lain ilmu pengetahuan adalah himpunan rasionalitas kolektifi insani. adapun teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan kealaman secara secara sistematis dalam proses produktif ekonomis untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi peningkatan taraf hidup,dan kesejahterahan umat manusia. dengan mempelajari dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi fungsi manusia sebagai kholifah fil ardi dapat di jalankan dengan sebaik- baiknya.hubungan antara pendidikan agama islam dengan iptek saling berkaitan ,saling mendukung dan saling mengisi  artinya kedua materi tersebut dapat di kembangkan dalam proses belajar mengajar,agar  penjelasan guru agama dapat lebih rasional,menarik dan dapat motivasi siswa untuk mempelajari ilmu pengetahuan umum.



daftar pustaka :
DRS.H.A.KADIR DJAELANI,Konsep pendidikan agama islam dalam era tranformasi global,cv.putra harapan,jakarta 1997.hlm 1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar